17 March 2020

Praktek Belajar Lapangan (PBL)

*   *

*Mentoring Praktek Belajar Lapangan (PBL) oleh Dosen pembimbing dan Apoteker pembimbing PBL

 

 

Praktek Belajar Lapangan (PBL) merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum Sarjana Farmasi. Kegiatan PBL bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa Farmasi FIKes UNSOED dalam melakukan layanan kefarmasian di apotek. PBL diharapkan dapat menjadi wadah dalam memberikan gambaran awal kegiatan praktik kefarmasian di dunia kerja.

Para peserta PBL wajib membaca terlebih dahulu Buku Panduan PBL sehingga dapat memberikan informasi sebagai gambaran pelaksanaan kegiatan PBL yang akan diikuti. Buku Panduan PBL berisi panduan umum, hal-hal terkait teknis pelaksanaan PBL mengikuti perubahan status kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Langkah Pendaftaran PBL :

  1. Calon peserta PBL memenuhi Prasyarat untuk mengikuti PBL yaitu telah atau sedang menempuh 100 sks, IPK minimal 2,00, dan telah mengambil mata kuliah prasyarat yaitu Pengantar Komunikasi Farmasi dan Farmakoterapi 1
  2. Para calon peserta PBL harus mengikuti seleksi administrasi dengan mendaftarkan diri pada formulir pendaftaran online. 
  3. Pendaftaran Online dibuka pada tanggal : 01-22 Oktober 2022
  4. Semua berkas pendaftaran di upload saat mendaftar melalui link formulir pendaftaran online.
  5. Berkas pendaftaran meliputi : Formulir pendaftaran disertai pas foto, scan KTP, KRS terbaru, KHS terakhir. Berkas Pendaftaran di buat dalam 1 file PDF dengan format : NIM_Nama mahasiswa_ Dokumen Pendaftaran PBL Angkatan 21
  6. Bila ada calon peserta PBL yang tidak lolos verifikasi berkas, maka dianggap gugur.
  7. Peserta yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti Ujian Masuk (UM)/ Pre-Test sebagai tahapan seleksi dan alat ukur pengetahuan dasar mahasiswa sebelum PBL.
  8. UM PBL dilaksanakan pada Hari Sabtu, Tanggal 12 November 2022 pukul 09.00-10.30 WIB via ELDIRU. Calon peserta PBL dapat join kelas UM PBL di Eldiru secara mandiri.
  9. Peserta PBL dengan nilai batas lolos UM >= 60 dapat mengikuti PBL atau menyesuaikan ketersediaan tempat PBL

Pengumuman terkait PBL selanjutnya dapat di akses di website farmasi.fikes.unsoed.ac.id

Tim Komisi PBL : Beti Pudyastuti, Nialiana Endah E., Heny Ekowati

Kritik dan Saran dapat disampaikan melalui email : pblfarmasiunsoed@gmail.com

Berikut ini format formulir pendaftaran PBL yang harus diisi lalu diupload saat mendaftar pada formulir pendaftaran online:

Formulir Pendaftaran PBL

Pengumuman dan Informasi :

Periode Pendaftaran PBL: 01 – 22 Oktober 2022

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 04 November 2022 disini

Pengumuman Hasil UM PBL : 18 November 2022

Jadwal Pembekalan PBL Periode 1 dan Periode 2 :

23 Desember 2022 Pukul 13.30 WIB – selesai 

Jadwal pelaksanaan PBL di Apotek :

Periode 1 : 02 – 21 Januari 2023

Periode 2 : 23 Januari – 11 Februari 2023

Jadwal Post Test PBL : 18 Februari 2023

 

Teknis Pelaksanaan PBL yaitu peserta diwajibkan membaca buku panduan PBL, mengikuti pembekalan PBL, dan melakukan koordinasi dengan dosen pembimbing dan apoteker pembimbing PBL selama pelaksanaan praktek PBL. Kegiatan praktek PBL di Apotek dan Tugas Khusus Apotek dilaksanakan selama 3 minggu praktek.

  • Peserta PBL wajib mengunggah sertifikat vaksin booster Covid-19 di Eldiru dan menunjukkan bukti vaksinasi kepada masing-masing preseptor di Apotek saat pertama kali bertemu preseptor/ saat bimbingan pertama dengan preseptor.
  • Kehadiran peserta PBL di apotek adalah Senin-Sabtu pada Jam kerja : 4.5-5 jam/hari selama 18 hari untuk memenuhi minimal 2 sks (80 jam pertemuan)

  • Peserta PBL wajib mengisi Buku Laporan Pelaksanaan PBL selama pelaksanaan dan menggunggahnya di akhir pelaksanaan PBL. Peserta PBL harus memiliki target kegiatan untuk memenuhi capaian pembelajaran (bisa dipelajari di buku panduan PBL).

  • Tugas Khusus Apotek adalah tugas mandiri peserta PBL yang khusus dilaksanakan dan diselesaikan selama praktek 3 minggu di apotek. Tema Tugas Khusus Apotek untuk Angkatan XXI mengikuti buku panduan. Peserta PBL harus berkonsultasi dengan apoteker pembimbing PBL untuk kesepakatan pelaksanaan tugas khusus apotek lebih lanjut.

  • Teknis diskusi peserta PBL dengan Apoteker Pembimbing PBL dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak minimal 1-2 meter, cuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga kesehatan diri.

  • Peserta PBL wajib menginfokan kepada apoteker dan dosen pembimbing PBL bila sakit/merasa tidak sehat dan diharapkan mengganti hari praktek di hari lain. Peserta PBL harus menjaga kesehatan diri dengan menjaga physical distancing (menjaga jarak) dan social distancing (menghindari kerumunan), konsumsi makanan bergizi, dan menjaga stamina dengan suplemen makanan : vit.C, dsb.

  • Informasi lebih lanjut dapat dikomunikasikan dengan Tim Komisi PBL. Terima kasih.

  • Partner links