Ciptakan Alat Deteksi Obat Kuat Pria, Tim Farmasi UNSOED Lolos PIMNAS di Bogor

Maraknya kasus pemalsuan obat kuat pria di masyarakat karena tingginya permintaan terhadap obat ajaib ini mendorong mahasiswa Farmasi Unsoed menciptakan alat deteksi sederhana yang cepat dan murah dalam bentuk test strip.   Penelitian yang diketuai oleh Siska Khoirunnisa dengan anggota tim Yessy Gladiani Sutrisno, Diani Sri Agustien, dan Nabila Fasya ini dengan seleksi yang cukup ketat berhasil menembus Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2016 yang merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang pada tahun ini diselenggarakan awal Agustus di kota hujan Bogor, Jawa Barat.

Alat deteksi test strip tersebut cara penggunaannya cukup mudah yakni cukup dicelupkan dalam larutan tablet pil biru yang telah digerus dan dilarutkan dalam air kemudian mengamati perubahan warna yang terjadi pada test strip unuk mendeteksi apakah tablet pil biru tersebut asli atau palsu.

Tim mahasiswa peneliti alat deteksi test strip dari Farmasi Unsoed ini dibimbing secara intensif oleh Hendri Wasito, M.Sc., Apt. dosen Farmasi Unsoed yang memiliki bidang kehlian kimia farmasi analisis. Tim tersebut berangkat menuju PIMNAS dengan tiga tim PIMNAS lainnya utusan Unsoed dan bersaing dengan mahasiswa pilihan lainnya dari seluruh Indonesia dalam ajang ilmiah mahasiswa bergengsi dan tertinggi di tingkat Nasional. Semoga semangat yang dibawa oleh tim PIMNAS Unsoed bisa menular ke mahasiswa berikutnya tuk terus berinovasi menghasilkan produk-produk kreatif lainnya. Maju terus pantang menyerah.

berita selengkapnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Partner links