Kuliah Tamu “Drug Delivery: Novel Biodegrabale Thermoplastic Polymer”

Apakah biomaterial itu? Apakah fungsi biomaterial sebagai bahan untuk drug delivery? Bagaimana cara sintesis biomaterial? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin pernah muncul dalam benak para mahasiswa Jurusan Farmasi dan Profesi Apoteker sebagai salah satu kompetensi Sarjana Farmasi atau Apoteker yang harus dicapai.

Menjawab tantangan tersebut guna meningkatkan kompetensi lulusan, Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UNSOED menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Drug Delivery” pada hari Rabu, 17 Juli 2019 bertempat di Aula Dekanat FIKES Lantai 2. Dalam kuliah tamu ini, Prof. Dr. Dirk. W. Grijpma, Chair of Department of Biomaterials Science and Technology, University of Twente, Netherland diundang sebagai narasumber. Kuliah tamu ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, namun juga Dosen-Dosen di Jurusan Farmasi dan Program Studi Profesi Apoteker FIKES.

Kuliah tamu yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam ini diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber diikuti dengan sesi tanya jawab, yang dipandu oleh moderator. Prof. Dirk yang ahli di bidang ilmu biomaterial memaparkan beberapa polimer-polimer biomaterial baru yang merupakan hasil sintesis gabungan dari beberapa polimer seperti PCL-PTMC-PCL Triblock Copolymers dan PCL-PEG-PCL Polyurethanes yang bersifat termoplastik. Polimer-polimer tersebut diproses dalam bentuk tiga dimensinya menggunakan teknologi ekstruksi. Dalam aplikasi drug delivery, polimer tersebut dapat digunakan untuk penggunaan klinis sebagai medical implants dalam bentuk hidrogel, nanopartikel atau mikropartikel yang membawa obat atau sebagai material penyangga jaringan tubuh.

Beberapa pertanyaan yang menarik muncul selama sesi tanya jawab, berkisar seputar efektivitas  biopolimer untuk meningkatkan kualitas pengobatan, keamanan biopolimer, cara sintesis yang optimal, dan pasar dari biopolimer yang dihasilkan. Kuliah tamu diakhiri dengan pemberian apresiasi dari FIKES untuk narasumber yang diserahkan oleh Ketua Jurusan Farmasi. Semoga ilmu teknologi farmasi yang diperoleh selama kuliah tamu bermanfaat.

  • Partner links