International Collaboration Pengabdian kepada masyarakat di Desa Sudimara, Cilongok menggandeng pembicara dari Universitas Mahidol, Thailand

Prof. Dr. Arthorn Riewpaiboon duduk di depan berdampingan dengan Bapak Kepala Desa (kiri) – Dekan FIKes UNSOED berdampingan dengan Wakil Dekan III (kanan)

Hari Minggu, 25 Juni 2023 Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (FIKes UNSOED) berkesempatan untuk berkolaborasi dengan salah satu guru besar di Fakultas Farmasi, Universitas Mahidol, Thailand, yaitu Prof. Dr. Arthorn Riewpaiboon yang sedang melakukan kunjungan ke berbagai universitas di Indonesia. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Balai Desa Sudimara, Cilongok yang mengungsung tema “How to use medicines wisely and to consume animal protein adequately for toddlers.” Agenda ini merupakan kolaborasi antar jurusan di lingkungan FIKes UNSOED yaitu Jurusan Farmasi, Gizi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, dan Pendidikan Jasmani yang turut dihadiri Dekan FIKes (Dr.sc.hum Budi Aji, SKM, M.Sc). Kegiatan disambut baik oleh Kepala Desa Sudimara, Bapak Waryoko. Beliau menyampaikan kegembiraannya menyambut kedatangan rombongan dari FIKes UNSOED dan tamu dari Universitas Mahidol, Thailand. Sejumlah 80 warga Desa Sudimara yang hadir dapat mengikuti rangkaian acara tersebut dengan seksama meskipun Prof. Arthon berbicara bahasa Inggris, pendampingan dari dosen FIKes UNSOED turut menerjemahkan apa yang dikatakan beliau. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi menggunakan obat secara bijak dan bagaimana menjaga kesehatan di era pasca pandemi COVID-19. Prof. Arthon pun menyampaikan kegembiraannya mengikuti acara pengabdian kepada masyarakat di Indonesia yang memiliki keistimewaan tersendiri secara kearifan lokal. Kolaborasi internasional ini diharapkan dapat menjalin kerjasama internasional yang saling memberikan kontribusi lebih untuk memajukan antar universitas dan berkontribusi untuk masyarakat. (NEE)

  • Partner links